Kamis, 24 Mei 2012

Software Rekam Medis OpenEMR

OpenEMR adalah software rekam medis elektronik dan manajemen praktek medis berbasis web. Aplikasi ini berisi rekaman riwayat kesehatan elektronik, fitur untuk penjadwalan pasien, laporan pembukuan dan tagihan asuransi dengan kontrol hak akses yang berbeda. 


OpenEMR merupakan free software dengan lisensi GPL (General Public License) yang bebas diunduh, dipakai, dimodifikasi dan dibagikan kepada siapa saja. Namun, dalam hal dukungan teknis profesional seperti instalasi, training penggunaan maupun maintenance diperbolehkan untuk menarik biaya kepada klien. 

Kelebihan OpenEMR berdasarkan rilis resminya antara lain : 
Ø Gratis dan terbuka (free and opensource) 
Ø Dukungan multibahasa (Versi 3.2.0 sudah mendukung bahasa Indonesia) 
Ø Upgrade gratis 
Ø Support online gratis 
Ø Tagihan elektronik 
Ø Pengaturan dokumen 
Ø Pengaturan praktek medis terintegrasi 
Ø Resep elektronik 
Ø Mendukung asuransi 
Ø Mudah dikustomisasi 
Ø Instalasi yang mudah 
Ø Mendukung pengenal suara (Ms. Windows) 
Ø Berbasis web 
Ø Integral dengan program pembukuan SQL-Ledger 
Ø Penjadwalan 
Ø Mendukung beberapa fasilitas praktek 
Ø Pembuatan resep melalui pencetakan, fax dan email 

INSTALASI 

1. Install MySQL, Apache (atau webserver PHP lainnya), dan PHP5 atau PHP4. Dapat juga dengan menggunakan XAMPP package yang sudah terdapat MySQL, Apache, dan PHP di dalamnya. 

2. Download software OpenEMR di : 


kemudian ekstrak dan ubah nama folder hasil ekstrak tersebut menjadi “openemr”. Pindahkan folder openemr ini ke direktori webserver root. Karena pada penggunaan ini menggunakan xampp, maka folder openemr ini diletakkan di direktori \xampp\htdocs. 




3. Buka web browser dan tuliskan : http://localhost/openemr/setup.php. Tampilan pertama akan memberikan beberapa petunjuk umum dan menjamin hak akses file dan direktori yang ditetapkan telah siap digunakan. Klik Continue untuk melanjutkan. 

Ø Langkah 1 akan menanyakan apakah OpenEMR perlu membuat database atau hanya menggunakan database yang telah dibuat sebelumnya. 

Ø Langkah 2 
Masukkan informasi database MySQL dan database pengguna OpenEMR. Sebagian besar pengguna hanya perlu mengisikan pada bagian "Password". Setelah itu klik Continue. 

Ø Langkah 3 
Layar akan menampilkan konfigurasi openEMR. Klik Continue untuk melanjutkan. 


Ø Langkah 4 

Layar akan menampilkan konfigurasi kontrol akses (php-GACL). Klik Continue untuk melanjutkan. 

Ø Langkah 5 
Layar akan memberikan petunjuk rinci untuk mengkonfigurasi PHP. 
konfigurasi ini dilakukan dengan mengubah bagian – bagian berikut pada file php.ini. 
§ short_open_tag = On 
§ display_errors = Off 
§ register_globals = Off 
§ magic_quotes_gpc = On 
§ max_execution_time = 60 
§ max_input_time = 90 
§ post_max_size = 30M 
§ memory_limit = 128M 
§ file_uploads = On 
Klik Continue. 

Ø Langkah 6 
Layar akan memberikan petunjuk rinci untuk mengkonfigurasi Apache, tetapi pada dasarnya melibatkan direktori mengamankan yang akan berisi informasi pasien sensitif. Klik Continue untuk melanjutkan. 

4. Proses instalasi OpenEMR selesai dilakukan. Pada layar akan ditampilkan petunjuk tambahan. Pada bagian bawah akan ditampilkan username, password, dan link yang digunakan untuk masuk ke dalam OpenEMR 

Berikut merupakan tampilan OpenEMR yang telah diinstal. 



PENGGUNAAN 

Berikut merupakan tampilan OpenEMR setelah pengguna melakukan login. Untuk dapat login, pengguna perlu mengetikkan http://localhost/openemr pada browser. 
Pengguna dapat mengubah password login dengan klik menu Administrator – Users pada sebelah kiri layar. Kemudian klik Edit, lalu isikan nama password baru di kolom password, kemudian Save. Setelah itu, lakukan login ulang. 

OpenEMR dapat melakukan beberapa fungsi terkait rekam medis, diantaranya yaitu : 
*Tambah Pasien 
Menambahkan pasien dilakukan dengan klik menu Patient/Client – New/Search. Isikan data pasien dan klik Create New Patient.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar