Minggu, 18 November 2012

Pitik "Geplak"

Tau pitik? tau geplak?  Kalo belum tau, pitik itu anak ayam dan geplak itu jajanan pasar yang warnanya meriah warna - warni. Nih penampakannya.
pitik
geplak
Nah, sekarang kita gabungin aja keduanya. Pitik + Geplak = Pitik Geplak

Sebenernya ini cuma ada di rumah gue doang sih istilah ini. Pitik geplak itu maksudnya
anak ayam  warna - warni yang dijual sama abang - abang tukang ayam. Gue demen banget sama anak ayam kaya gini, lucu unyu - unyu. Badannya yang kecil, warna - warni, lincah lari - larian, dan suaranya yang "ciap - ciap" bikin gue terkesima dan akhirnya terdorong buat beli ni ayam. Pitik geplak ini ternyata gak punya harga tetap. Gue pertama beli harganya Rp 2.500. Besoknya Rp 7.000. Besoknya lagi Rp 2.000. Lusanya Rp 2.500. Abangnya gak konsisten nih jualnya. Tapi biar begitu, pitik geplak ini tetep laris manis di desa gue. Yaah mungkin karna ni desa banyak banget bocahnya kali ye, gak bisa digoda ama yang unyu - unyu gitu (dibaca : bukan abangnya).
Total gue udah punya pitik geplak ini sebanyak 7 biji. Tapi berhubung cuaca di desa gue lagi ekstrem. Rajin banget ujan, alhasil tinggal 3 ayam yang lolos seleksi alam sampe saat gue nulis ini.  
Miara anak ayam beginian ternyata ribet. Gampang banget sakitnya. Makanya gue berasa jadi emaknya ayam, yang rajin "mengayomi" mereka. Bangun tidur gue mesti ngluarin mereka dari kandang, gue mesti bikinin minum yang dicampur vitamin, mesti nyiapin makan mereka.  Kalo mereka udah mulai "ciep - ciep", gue refleks langsung nyari mereka, ngasih makan atau minum. Kalo hawa lagi dingin, gue ngangetin mereka pake lampu, atau gue eremin aja pake tangan gue. Kalo mendadak ujan gue jadi lari - lari masukin mereka ke kandang. Ribet deh pokoknya. Bikin kpikiran.
Tapi gue seneng si, emang dasarnya pecinta hewan, jadi ribet - ribet juga dinikmatin. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar